PENYELIDIKAN TANAH UNTUK GEDUNG BERLANTAI DAN JEMBATAN

Dalam menentukan jenis dan model pondasi yang cocok untuk bangunan gedung berlantai dan jembatan yang ingin dibangun, maka dilakukan penyelidikan tanah yang sangat serius dalam memahami karakteristik tanah maupun daya dukungnya. Dengan penyelidikan tanah yang sangat teliti ini dapat menghasilkan pondasi yang sesuai dengan kondisi tanah dan model struktur bangunan yang akan dibangun. Tingkat ketelitian yang sangat tinggi memungkinkan menghasilkan struktur bangunan yang sangat kuat, kokoh, dan dapat berdeformasi baik pada perilaku strukturnya bahkan struktur yang dibangun walaupun bangunan tersebut berlantai banyak atau jembatan dengan bentangan yang panjang dapat diyakini bahwa struktur yang dihasilkan dalam analisisnya dapat menahan gaya gempa kuat yang terjadi.

Salah satu alat yang digunakan dalam melakukan penyelidikan tanah adalah alat Sondir. Sondir atau Cone Penetrometer Test atau CPT adalah suatu uji dengan melakukan penetrasi konus ke dalam tanah yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah tiap kedalaman tertentu berdasarkan parameter-parameter perlawanan tanah terhadap ujung konus dan hambatan akibat lekatan tanah dengan selubung konus.  

Dengan alat sondir (penetrasi quasi statik). Parameter tersebut berupa perlawanan konus (q), perlawanan geser (fs), angka banding geser (Rf), dan geseran total tanah (T), yang dapat digunakan untuk interpretasi perlapisan tanah yang merupakan bagian dari desain fondasi.

Pengujian Tanah Laboratorium :

Pengujian ini dilakukan setelah sampel tanah diambil pada pekerjaan core drilling untuk mengetahui karakteristik maupun sifat tanah. Pengujian kemudian dilanjutkan di laboratorium dan hasilnya akan dikorelasikan dengan hasil pengujian di lapangan untuk menentukan desain dan dimensi pondasi yang efisien dan aman. Jadi pada dasarnya kedua pengujian akan dilakukan dan hasilnya akan saling dikorelasikan untuk memastikan keakurasian hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *