TIM PENGABDI LP2M UNM BUAT RANCANGAN TEKNOLOGI SEPTICTANK UNTUK MASYARAKAT

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM melakukan Pengabdian kepada Masayarakat dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di desa Semangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Tim Pengabdi diantaranya Bapak Dr. Ir. Ayuddin, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., ACPE,  Prof. Dr. H. Muhammad Ardi, M.S. dan Dr. Faizal Amir, M.Pd.

Ketua Tim PKM Dr. Ayuddin mengatakan bahwa kami adalah dosen pengabdi yang setiap saat turun lapangan dalam memberikan pencerahan atau berbagi ilmu kepada masyarakat terutama pada aspek ketidakjangkauan masyarakat dalam menangani masalah yang dihadapinya. Pengabdian kali ini dikhususkan untuk masyarakat desa Semangki. Desa ini masih membutuhkan sentuhan teknologi modern untuk Septictank. Rancangan Septictank pada umumnya masih bermodel sederhana dan mengeluarkan bau yang menyengat sehingga membuat lingkungan sekitar tidak sehat. Model rancangan yang diberikan ke masyarakat adalah model modern dan tidak membutuhkan banyak biaya. Septictank adalah Bak penampungan untuk air kotor. Dengan model rancangan ini bebas dari bau yang menyengat, tentu kesehatan tidak lagi terganggu dan tetangga pun juga tidak terganggu.

Dr. Ayuddin bersama Tim turun lapangan dalam memberikan konstribusi Ilmu kepada masyarakat setempat sekaligus memberikan contoh penerapan Septictank yang sesuai dengan teori konstruksi.

Pengabdian ini juga adalah sebagai bentuk penerapan ilmu konstruksi dengan memanfaatkan tukang lokal sebagai pekerjanya, dengan harapan masyakarat bisa mengetahui ilmunya sehingga dapat diterapkan ilmu konstruksi Septictank ini ke seluruh pemilik rumah yang ada di desa Semangki bahkan ke seluruh desa di Kabupaten Maros dan di desa lainnya Sulawesi Selatan.

Kegiatan pengabdian ini sangat direspon oleh kepala desa Semangki Ibu Hj. Darwana, S.Pd. Dengan penyampaiannya dikatakan bahwa pembuatan Septictank ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pemilik rumah yang selama ini belum mengetahui ilmu konstruksi Septictank seperti ini. Kepala Tukang yang dipekerjakan bernama Sudirman juga menyampaikan bahwa penerapan model rancangan seperti ini untuk rumah pedesaan baru kali ini kami kerjakan. Kepala Tukang dan pekerjanya sangat merasakan manfaatnya khususnya model rancangan yang bisa menjadi contoh untuk rumah lainnya.

Kegiatan Pengabdian ini yang diketuai oleh Dr. Ayuddin juga diapresiasi oleh Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT., IPU. Dalam penyampaiannya, kegiatan pengabdian ini terlaksana dalam bentuk nyata di lapangan dimana kegiatan pengabdian dilakukannya sejak tanggal 25 Mei s.d 18 Juni 2023 mulai pra observasi hingga pelaksanaan dalam bentuk penerapan teknologinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *