Narasumber SEMINAR NASIONAL ‘Civil Engineering’

Webinar Nasional Structural Engineering  yang digelar oleh Civil Network Indonesia bekerjasama dengan DPD ASDAMKINDO Jawa Tengah Minggu, 21 Agustus 2022 menghadirkan Narasumber Ahli Struktur Ketahanan Gempa Dr. Ayuddin. Tema Webinar ini adalah “Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD”. Dr. Ayuddin memaparkan metode LRFD untuk aplikasi pada konstruksi besar.  Menurutnya, konstruksi baja bisa dimodel sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan lokasi karena mudah dibentuk dan bisa diaplikasikan dalam suasana lokasi konstruksi yang padat. Rangka baja terbukti telah menjadi bentuk konstruksi paling popular untuk gedung bertingkat di dunia seperti Inggris dan Wales.

Salah satu yang menjadi saksi diluncurkannya satu juta ton pelat baja di Inggris ke laut utara bahkan dirayakan dan diumumkan sebagai penyeberangan Dartford yang baru menjadi jembatan baja kabel utama. Untuk pengguna gedung juga telah disaksikan dibeberapa tempat penggunaan rangka baja untuk konstruksi dengan mengacu pada sistem rangka bangunan dimana elemen struktural dan horizontal dibentuk oleh sistem balok dan kolom baja struktural. Lanjut dikatankan bahwa konstruksi baja menawarkan beberapa keuntungan diantaranya strukturnya kokoh, memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi dan sangat tahan lama. Konstruksi baja ini membuatnya ideal untuk membangunan dari semua ukuran.

Dari segi analisis dengan metode LRFD (Load And Resistance Factor Deisgn) bisa menghemat anggaran biaya konstruksi dan kekuatannya juga pun tidak diragukan. Dalam analisis LRFD ini dapat menghasilkan dimensi yang ramping dengan bentangan antar kolom bisa lebih panjang dibandingkan dengan hasil analisis metode ASD (Allowable Stress Design) yang merujuk pada angka keamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *