“STRATEGI PENGABDIAN MASYARAKAT LOKAL DAN NASIONAL”

Suatu kepercayaan datang dari Universitas Fajar sebagai pemateri tunggal pada acara Seminar Webinar Pengabdian Masyarakat. Seminar ini dihadiri sekitar 600-an Peserta Dosen PTN maupun PTS. Pengabdian Masyarakat menarik simpati bagi sahabat dosen yang selalu rindu dengan kondisi kekinian masyarakat walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sebagai insan akademik sangat pantas menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dan Manajemen pihak Mitra Industri. Pengabdian Masyarakat seyogyanya dapat dijiwai dan menjadi bahagian dari hidup untuk selalu berbagi inovasi untuk kemajuan suatu bangsa. Dituntut relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan pembangunan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah tanggungjawab yang luhur sebagai pengabdi Negara (Pendidik) untuk mentransfer ilmu kepada masyarakat dalam memperoleh manfaat suatu teori yang diuji dengan konsep-konsep ilmiah.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat bukan saja berupa pelatihan keilmuan dalam menguji teori semata, akan tetapi sangat dinantikan pemberian berupa bantuan keahlian dalam memecahkan masalah yang dihadapi Masyarakat (Mitra) yang terkait dengan masalah pembangunan. Keterlibatan diri secara aktif dalam pemberian spontan keilmuan dan keahlian akan membantu kemajuan SDM masyarakat demi keberhasilan pembangunan suatu daerah.

Peranan sebagai pendidik dalam pengabdian masyarakat akan semakin penting dalam rangka menun­jang keberhasilan pembangunan nasional maupun pembangunan daerah. Dengan demikian, sangat diperlukan munculnya pemikiran dan usaha secara konsepsional dalam memantapkan kemampuan pengabdian kepada masyarakat melalui metodologi ilmiah, teratur, dan sistematis demi mewujudkan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera. “SALAM PENGABDIAN”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *