KEKUATAN & ARTISTIK SUATU BANGUNAN

Dr. Ir. Ayuddin, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng

(Peneliti Struktur Tahan Gempa)

Peran ahli engineer sipil tidak lepas dengan kaitan ilmu rancangan suatu bangunan beserta kekuatannya yang akan dibangun. Sangat fundamental yang diperhatikan adalah kekuatan konstruksi, estetika, dan nilai dari suatu konstruksi yang akan dibangun. Ilmu ini sangat menarik karena adanya perpaduan antara kekuatan dan keindahan suatu konstruksi.

Banyak yang kita temukan pembangunan suatu konstruksi di lapangan hanya mengutamakan aspek kekuatan, lupa dengan keindahannya. Kelemahan bangunan tanpa desain yang mapang (tanpa konsep yang jelas) adalah memiliki batas umur tertentu suatu bangunan, oleh karena tidak mampu mengiringi model di setiap perubahan zaman. Sementara bangunan yang hanya mementingkan dari segi aspek artistiknya dan lupa dengan pertimbangan kekuatannya, maka bangunan tersebut, akan cepat hancur akibat adanya kondisi alam yang ekstrim seperti gempa tiba-tiba, longsor, terpaan angin, dll.

Ilmu kekuatan yang mesti diperhitungkan adalah ilmu tentang kekuatan pondasi, sloof, kolom, balok, pelat, ringbalk, dan rancangan atap beserta material yang digunakan. Maka, Para ahli engineer sipil diharapkan sebelum membangun memperhitungkan segala hal yang berkaitan dengan kekuatan tersebut. Kesalahan dalam memutuskan aspek kekuatan ini akan berakibat fatal dan beresiko pada kerobohan suatu bangunan.

Dalam jangkauan lebih luas, bukan saja dalam aspek kekuatan maupun keindahan yang harus menjadi perhatian. Lebih dari itu adalah aspek yang berkaitan dengan stability, artinya bangunan yang dibangun dipastikan berada dalam posisi kesimbangan yang utuh. Kemudian, aspek economic. Aspek ini lebih pada pertimbangan biaya (kesesuaian budget yang tersedia dengan keinginan bangunan yang mewah. Maka, keinginan rancangan bangunan yang akan dibangun selalu disertai dengan pertimbangan sisi ekonominya. Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah aspek ramah lingkungan, kesehatan, dan kenyaman (comfort). Kenyaman termasuk dari sisi dimensi suatu bangunan seperti tinggi atas lantai, besaran ruangan yang dibutuhkan bahkan dari sisi tangga pun dipertimbangkan. Ibarat meracik secangkir kopi, besaran gelas, takaran gula dan air adalah harus dalam posisi yang pas. Dengan demikian, bangunan yang dihasilkan adalah menjadi idaman atau idola tersendiri. “SELAMAT MEMBANGUN”

Produk hasil rancangan “MASJID IDA ROYANI” yang dimulai pembangunan hari ini adalah hasil rancangan kami (STRUCTURE CONSULTANT AYUDDIN SCA) yang memperhatikan kesesuaian dimensi tanah kosong (bangunan) dengan memperhatikan aspek kekuatannya. Pada akhirnya saya ucapkan “SALAM BERKARYA & SELAMAT MEMBANGUN” untuk hari-hari kedepan yang lebih indah dan menyenangkan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *