MENGAPA HARUS ANALISIS STRUKTUR ???

Dr. Ir. Ayuddin, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., ACPE., APEC Eng (Assoc. Professor Struktur Ketahanan Gempa, Teknik Sipil UNM)

Suatu bangunan atau benda yang dibuat dari beberapa bagian dapat diartikan sebagai Struktur. Namun, dari sudut pandang teknik, Struktur terdiri dari sejumlah komponen atau elemen yang dihubungkan dengan sambungan atau penyangga untuk memenuhi fungsi strukturnya. Dengan pemenuhan fungsi sedemikian rupa tersebut, sehingga dapat meneruskan gaya-gaya yang bekerja pada struktur dan meneruskan beban ke pondasi dengan aman tanpa menunjukkan deformasi yang berarti. Dengan demikian, Analisis Struktur itu merupakan suatu metode untuk menentukan dan menghitung pengaruh beban yang terjadi dan gaya internal yang bekerja pada struktur bangunan atau obyek yang dianalisis. Ini adalah proses yang menentukan respon struktur terhadap beban eksternal yang ditentukan.

Analisis sangat penting dilakukan sebelum memulai pekerjaan konstruksi. Analisis struktur yang dihasilkan itu dapat memberikan rincian ukuran pondasi, ukuran kolom maupun balok, bahkan rincian tulangan yang cukup untuk memikul beban yang bekerja pada struktur. Bukan saja itu, bahwa dalam membangun suatu konstruksi apa pun itu, dibutuhkan beberapa dokumen seperti denah, elevasi, dan detail-detail tiap elemen struktur.

Jadi, inti dari analisis struktur itu adalah suatu proses untuk mengetahui beban yang dapat dipikul oleh struktur dengan aman tanpa mengalami kegagalan struktur. Tetapi, yang terpenting dalam analisis struktur itu adalah bagaimana meyakinkan diri bahwa sebelum membangun aspek kekuatan pada strukturnya sangat dibutuhkan sehingga keselamatan jiwa menjadi prioritas artinya struktur yang dihasilkan dapat berdeformasi dengan baik tanpa mengalami “Structure Collapse”. Yang terpenting juga adalah Hasil analisis yang benar dan ketat dengan memperhitungkan beban-beban lateral yang sangat berbahaya seperti beban gempa yang tak terduga bahkan beban angin dasyat yang kadangkala menerpa bangunan secara tiba-tiba. Dari hasil perhitungan ini, dapat dihasilkan analisis yang hemat biaya, ramping dan kuat.

Bangunan yang tidak dilakukan analisis struktur dengan baik dapat mengalami kerugian yang besar yaitu menghasilkan bangunan yang boros sehingga biaya yang dikeluarkan sangat tinggi. Maka, sangat pantas sebelum membangun, dilakukan analisis struktur yang ketat. Analisis struktur merupakan kunci utama untuk mengetahui perilaku struktur akibat kombinasi pembebanan yang diberikan, Dengan analisis juga bisa diketahui beban maksimum yang dapat dipikul oleh struktur sehingga struktur bisa kuat, kokoh, dan tidak mengalami keruntuhan. Selain itu, akan dapat menjamin bahwa perpindahan dan deformasi tetap dalam batas yang diizinkan.

Selanjutnya, dalam analisis dikenal dengan istilah analisis linier dan nonlinier. Secara umum, struktur dilakukan sebagai analisis linier untuk beban biasa. Namun, ketika ada beban yang luar biasa, maka dipertimbangkanlah yang namanya analisis nonlinier. Tindakan yang luar biasa itu seperti beban gempa sehingga segmen nonlinier dipertimbangkan. Jika struktur dibiarkan perpindahan di zona linier, bahkan untuk beban luar biasa seperti beban gempa, maka kita harus ningkatkan kekakuan struktural, namun berdampak pada biaya tambahan dalam membangun. Jika kita mencoba mempertahankan struktur dalam rentang linier selama beban luar biasa (beban gempa), maka penganalisis harus berhati-hati dengan analisis yang dihasilkan. Sebaliknya, jika kita mempertimbangkan analisis nonlinier berarti itu termasuk didalamnya kegagalan pada struktur. Namun, jika kita mempertimbangkan analisis linier, gaya yang akan diberikan untuk beban yang diterapkan tanpa indikasi kegagalan. Maka, sebaiknya penganalisis serius untuk mengamatinya.

Dalam menganalisis struktur diperlukan yang namanya “Structure Software” karena analisis manual tidak dapat dilakukan dengan cermat dan teliti. Software yang diperlukan dalam analisis struktur adalah Sap2000, Etabs, StaadPro, Midas, dan program lainnya yang sudah teruji dan lebih popular di dunia Industri.

Diskusi atau Jasa untuk “ANALISIS STRUKTUR” Gedung tingkat tinggi maupun Jembatan. Mobile Phone tersedia 0811401747 (WA) atau email: ayuddin_ung@rocketmail.com

“SELAMAT MENGANALISIS” untuk menghasilkan Struktur yang Kuat dan Biaya yang Ekonomis….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *