MODERATOR DALAM SEMINAR

Dr. Ir. Ayuddin, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng., ACPE., APEC Eng (Moderator Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Masyarakat secara Virtual, 26 Nopember 2022 UNM)

Di Berbagai acara Seminar kadangkala diamanahkan menjadi Moderator. moderator lintas rumpun ilmu tidak menjadi soal, yang utama adalah memandu dgn baik jalannya seminar hingga mengakomodir seluruh keinginan peserta yang ingin mendalami hasil penyajian Narasumber. Moderator adalah seni dalam mengolah jalannya diskusi dan seni dalam memainkan peran untuk menciptakan suasana forum semakin seru dan semakin mendalami ilmu dari Narasumber. menjadi Moderator sangat berbeda jika menjadi Penyaji dalam seminar. Moderator bukan sekedar menyelesaikan tugas. Tapi lebih dari itu, forum harus aktif untuk semua peserta seminar.

Pengalaman menjadi Moderator di Seminar Nasional maupun Internasional adalah kebanggaan tersendiri dan menjadi tantangan dalam menciptakan suasana menyenangkan untuk peserta Seminar. Menjadi Moderator termasuk pekerjaan yang sangat menarik, walaupun bukan sebagai bintang utama atau Narasumber, tetapi perannya sangat menentukan jalannya diskusi. Moderator lebih fokus pada seni, namun Ilmu atau Materi menjadi pengendali komunikasi. Menjadi Moderator adalah seninya lain, Narasumber pun juga demikian. Tapi keduanya dijuluki sebagai seorang Aktor yang baik. Tentu dipercaya menjadi Moderator adalah suatu kepercayaan yang sangat tinggi karena harus menguasai Forum dan Ilmu yang tidak sedikit, butuh wawasan dan strategi dalam mengendalikan Seminar.

Face Expression dan Eye Contact adalah bahagian yang perlu diperhatikan karena berkaitan hubungan interaksi langsung dengan peserta Seminar. Dipercaya menjadi Moderator bukanlah berarti menjadi orang hebat. Namun, secara substansi keberadaan Moderator sangat penting sebab berperan sebagai Pembukaan jalannya Seminar sekaligus penghubung antara pihak pelaku Presentasi dengan Peserta atau Audince. Maka, Moderator pantas jika dipilih secara khusus karena kemampuan dalam suatu berbicara haruslah lihai, luwes, dan cepat dalam memahami isi yang disampaikan oleh Narasumber dan penanya dari Peserta Seminar. Semata-mata supaya materi dan informasi dapat tersampaikan secara baik. Jadi wajar jika kita berkesimpulan bahwa lancar atau tidaknya suatu Seminar, Berbobot atau tidaknya Seminar sangat tergantung bagaimana seorang Moderator mengantarkan jalannya diskusi bahkan pengatur waktu Presentasi seorang Narasumber beserta tanya jawabnya terpenuhi sesuai yang direncanakan. Yang terpenting juga adalah Moderator harus tetap menjaga suasana yang kondusif dalam forum. Maka, menjadi Moderator adalah pengalaman yang sangat berharga.

Dr. Ayuddin adalah seorang Engineer Teknik Sipil Struktur, Namun pernah dipercaya sebagai Moderator di forum Nasional maupun Internasional, bahkan di bidang Teknik lainnya pun dipercaya sebagai Moderator seperti Teknik Elektro dalam Pertemuan Ilmiah Forum Nasional FORTEI 2017 yang dilaksanakan di UNG Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *